Jenis Jenis Tulang

Manusia memiliki kerangka tulang, fungsi menurut jenis dan bagian tulang pada tiap bagian anggota tubuh. Menurut jenisnya tulang manusia dibedakan menjadi 2 yakni :

a. Tulang rawan

Tulang rawan umumnya banyak pada anak yang masih usia balita, karena tulang rawan pada anak kecil umumnya mudah patah dan mudah tersambung kembali, sedangkan tulang rawan pada orang dewasa banyak terdapat pada ujung tulang rusuk, laring, trakea, bronkus, hidung, telinga, antara ruas-ruas tulang belakang. Tulang rawan manusia tersusun atas sel-sel tulang rawan, ruang antara sel tulang rawan yang banyak mengandung zat perekat dan sedikit zat kapur yang bersifat lentur.

b. Tulang keras

Tulang keras terbentuk oleh sel pembentuk tulang (osteoblas) yakni ruang antar sel tulang keras yang banyak mengandung zat kapur, sedikit zat perekat yang bersifat keras (kebalikan dari tulang rawan).

Zat kapur yang terdapat di tulang keras dibentuk oleh kalsium karbonat (CaCO3) dan kaslisum fosfat (Ca(PO4)2) yang diperoleh atau dibawa oleh darah.

Tulang keras memiliki salura havers yang didalamnya terdapat pembuluh darah yang berfungsi sebagai pengatur kehidupan sel tulang. Tulang keras banyak terdapat pada bagian tulang di paha, tulang lengana, tulang betis dan tulang selangka.

Selain jenis tulang diatas, tulang manusia juga memiliki bentuk tulang yang terbagi menjadi 3 macam bentuk tulang, yakni :

1. Tulang pipa

Tulang pipa berbentuk bulat, panjang dan tengahnya berongga. Tulang pipa terdapat pada tulang paha, tulang lengan atas, dan tulang jari tangan. Tulang pipa ini berfungsi sebagai tempet pembentukan sel darah merah.

2. Tulang pipih

Tulang pipih berbentuk pipih atau gepeng. tulang pipih ini terdapat pada tulang belikat, tulang dada, tulang rusuk. tulang pipih ini berfungsi sebagai tulang pembentuk sel darah merah dan sel darah putih.

3. Tulang pendek

Tulang pendek berbentuk pendek dan bulat. tulang pendek terdapat pada ruas-ruas tulang belakang, tulang pergelangan tangan dan tulang pergelangan kaki. tulang pendek ini berfungsi sebagai tulang pembentu sel darah merah dan sel darah putih, fungsinya sama dengan tulang pipih.

Tubuh manusia selain memiliki tulang sebagai kerangka yang menopang tubuh. Tulang memiliki persendian, manusia memiliki kurang lebih 200 tulang yang saling berhubungan satu sama lain. Hubungan antar tulang disebut sendi atau artikulasi. Persendian memiliki peranan yang sanga tpening dalam proses terjadinya gerak pada tubuh. Sendi pada tulang atau gerak persendian (sendi) dapat dibedakan menjadi 3 jenia, yakni :

1. Sendi Mati

Yakni persendian yang tidak memiliki celah atau tempat sendi sehingga tidak mungkin ada pergerakan, contoh pada perendian antar tulang tengkorak.

2. Sendi Kaku

Yakni persendian yang terdiri atas ujung-ujung tulang rawan, sehingga masih memungkinkan terjadinya pergerakan tubuh namun sifatnya kaku, contoh pada persendian antara ruas-ruas tulang.

3. Sendi Gerak

Yakni sendi gerak yang menggerakan tubuh secara bebas, karena persendian terjadi pada tulang satu dengan tulang yang lain yang tidak dihubungkan oleh jaringan. Sendi gerak ini juga memiliki 6 jenis, namun hanya 4 sendi yang disebutkan, diantaranya :

a. Sendi Engsel

Yaitu persendian yang dapat digerakan kesatu arah.

Contohnya:
- persendian antara tulang paha dengan tulang betis
- persendian antara tulang lengan dengan tulang hasta

b. Sendi Putar

Yaitu persendian yang dapat digerakan secara berputar

Contohnya:
- persendian antara tulang leher dengan tulang atlas
- persendian antara hasta dengan tulang pengumpil

c. Sendi Peluru

Yaitu persendian yang dapat digerakan kesegala arah

Contohnya:
- persendian antara gelang bahu dengan tulang lengan atas
- persendian antara gelang panggul dengan tulang paha

d. Sendi Pelana

Yaitu persendian yang dapat digerakan kedua arah

Contohnya:
- persendian pada ibu jari tangan
- persendian antara tulang pergelangan tangan dengan Tulang tapak tangan


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Kanker Tulang and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>